Festival Tulip Istanbul

2910791_orig

Para pengunjung kota Istanbul saat ini tengah menikmati pemandangan berwarna-warni yang menyajikan 20 juta tulip yang ditanam di berbagai sudut kota sebagai event Istanbul Tulip Festival Internasional yang ke-9 kalinya, yang telah dimulai pada minggu pertama bulan April dan berlangsung sampai akhir bulan , kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya .
Setiap bulan April sejak tahun 2006 Kota Metropolitan Istanbul telah menanam hampir 100 juta tulip untuk melambangkan datangnya musim semi di taman Istanbul , di bundaran , di sepanjang jalan dan di tempat-tempat terbuka lainnya di kota Istanbul . Hasilnya adalah kegiatan ini menjadi tradisi dari festival istanbul musim semi bunga yang indah dengan percikan warna terang di mana-mana .
 Emirgan Tulip Fesitval 2014-2783
Hyacinth-River-Emirgan-2010
Tahun ini merupakan ke-9 kalinya diselenggarakan event tahunan Istanbul Tulip Festival Internasional, bersamaan dengan hadirnya 20 juta tulip dari 211 varietas yang berbeda yang telah ditanam di kota. Peresmian festival ini diadakan di Emirgan Park pada tanggal 6 April ditambah hadirnya partisipasi dari walikota Istanbul yang baru saja terpilih kembali yaitu Kadir Topbaş , yang mengungkapkan bahwa tulip telah kembali ke rumah mereka , Ia juga menambahkan : “ Dua puluh juta tulip akan hadir menyapa İstanbulites (sebutan untuk warga Istanbul) sebagai perayaan di edisi kesembilan İstanbul Tulip Festival Internasional pada tahun 2014 .
Turki saat ini telah menjadi negara yang mengekspor tulip ke seluruh dunia dan bukan lagi menjadi negara yang mengimpor bunga tulip . Sebanyak 5 juta TL (Turkiye Lira, mata uang Turki) telah dihabiskan untuk festival , tetapi ini sebanding dengan iklan festival yang nilainya telah melebihi biaya festival .” ucap Kadir Topbaş. Sebagai bagian dari festival , terdapat total 211 varietas tulip telah ditanam di berbagai lokasi seperti Emirgan Park , Taksim Square, Hidiv Park, Göztepe Rose Garden , Camlica Park, tempat bersejarah Sultanahmet Square dan Gülhane Park. Berbagai kegiatan juga ikut mewarnai festival ini seperti pameran foto dan konser musik juga akan digelar di İstanbul sebagai bagian dari festival . Disamping itu juga disediakan kios-kios bagi para pengunjung yang ingin membeli tulip.
6f508-4540907684_7fe8dcb8c7_z1667272424
post_display_cropped_open-uri20130210-4498-c8ubht

Orang-orang dari seluruh Turki telah datang ke İstanbul untuk menikmati pemandangan tulip di taman-taman di İstanbul khususnya di Emirgan park. Bahkan ada keluarga dari provinsi Gaziantep yang mengatakan bahwa mereka sengaja datang ke Istanbul untuk melihat tulip-tulip cantik di festival ini. Diwawancarai oleh Today’s Zaman , ayah dari keluarga ini , Remiz Saka , mengatakan : “ Kami sengaja datang ke sini (Emirgan Park) untuk melihat tulip berwarna-warni . Mungkin ini adalah salah satu pemandangan terindah yang pernah kami lihat. “ Ungkapnya, senang

Orang-orang datang ke Emirgan Park untuk berpiknik dan mengabadikan momen di foto yang menampilkan ratusan jenis tulip . Pengunjung lain , Kerime Sağlam , mengungkapkan pada Today’s Zaman bahwa dia datang ke taman untuk melihat tulip dan bahwa dia merasa sangat senang melihat berbagai jenis tulip  yang menghiasi seluruh taman .

Tulip Fest-05

Tulip ini bukan hanya sekedar bunga biasa bagi mereka yang mengetahui sejarah dan budaya Turki. Pada Kekaisaran Ottoman , di samping yang memberikan nama pada bunga tulip juga berasal pada era Ottoman, pada masa itu tulip menghiasi taman-taman mewah dari para raja dan tulip menjadi bunga yang paling disukai. Mereka juga mengggunakan tulip sebagai motif seni di tangan dan pada tenunan karpet dan dinding di masjid besar , tulip juga menjadi subjek penting dalam inspirasi puisi di kekaisaran Ottoman . Dalam Kekaisaran Ottoman ada lebih dari 1.800 spesies tulip dan masing-masing memiliki nama khusus di masa kekaisaran Ottoman Turki .

Tulip-tulip yang ditanam di Emirgan Park yang merupakan taman kota bersejarah yang terletak di salah satu sudut terbaik kota İstanbul juga memiliki tujuan yang tersamar, festival tulip ini sekaligus menjadi pengingat yang indah dari masa lalu Turki. [HB]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.