TOUR INNER MONGOLIA-NINGXIA 2018

 

Banner Inner Mongolia

Halal Tour Inner Mongolia Ningxia 2018 adalah Wisata Halal yang penuh dengan nuansa Religi dn History di kota/negeri Inner Mongolia dan Ningxia (Propinsi China Muslim) dimana jalur ini merupakan bagian dari Jalur Sutera (Silk Road) yang sangat terkenal pada abad pertengahan yang menghubungkan negeri-negeri Timur dan Barat bumi. 

Tour dengan durasi 9 hari perjalanan tour dari Jakarta sampai dengan Ordos dan sampai kembali ke Jakarta ini akan membawa peserta menelusuri jejak-jejak Kejayaan Mongolia serta peradaban Muslim Tartar dan ketinggian budaya serta kemajuan pembangunan serta penyebaran wahyu ilahi di negeri-negeri di Jalur Sutera tersebut yang tetap bertahan dan diabadikan sampai sekarang. Serta menikmati keindahan panorama Alamnya.

Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan :

  • Menjelajahi Taman Geologi yang Megah di Danxia Zangye Rainbow Mountain, sebagai bukti kebenaran firman Allah yang termaktub dalam kitab suci Al Qur’an tentang hamparan gunung yang berwarna-warni.
  • Pengalaman melakukan perjalanan Safari di Gurun Pasir yang sangat indah di Padang Gurun The Whistling Dune Bay Ordos.
  • Menginap di Tenda Modern Mongolia dan Pesta Api Unggun yang seru di Padang Rumput Ordos Inner Mongolia. 
  • Menikmati keindahan Sungai Kuning yang melegenda di daratan China, dan mendapatkan pengalaman seru dengan berjalan di atas jembatan kaca (Glass Skywalk).
  • Menikmati sajian makanan halal dan berinteraksi langsung dengan Suku Hui di perkampungan Hui Muslim yang merupakan Suku Asli China yang beragama Islam di Propinsi Ningxia.  

KEBERANGKATAN

LOW SEASON

  • April 2018 : Tanggal 27
  • Mei 2018 : Tanggal 04, 11, 18, 25
  • Juni 2018 : Tanggal 01, 08, 29
  • Juli 2018 : Tanggal 06. 13, 20, 27
  • Agustus 2018 : Tanggal 03, 10, 17, 24, 31
  • September 2018 : Tanggal 07, 14. 21, 28
  • Oktober 2018 : Tanggal 05, 12, 19, 26

HIGH SEASON

  • Juni 2018 : Tanggal 15, 22

ITINERARY

Day 01 || JAKARTA – ORDOS by CITILINK (No Meal)

Hari ini anda akan berangkat menuju Ordos Inner Mongolia dengan penerbangan CITYLINK QG 9946 pada pukul 21.45. Anda harus sudah berada di Bandara Internasional Soekarno Hatta Terminal 1 pada pukul 17.45 (4 jam sebelum keberangkatan).  Pesawat akan transit sebentar di bandara Hang Nadim Batam. Diperkirakan akan sampai di bandara Ordos Inner Mongolia China pada pukul 09.00 keesokan harinya waktu setempat. Waktu di Ordos 1 jam lebih cepat dari WIB. 

Day 02 || ORDOS – YANCHI (B/L/D)

Tiba di Ordos dijadualkan pukul 09.00 waktu setempat (waktu Ordos 1 jam lebih cepat dari WIB). Setelah proses imigrasi dan bagasi selesai, rombongan akan dijemput oleh Tim Islami China Travel (Tour Partner Elhasana Tour di Beijing China) di bandara. Selanjutnya rombongan dipersilakan untuk istirahat sebentar untuk cuci muka atau ke toilet bandara.

Setelah siap, selanjutnya rombongan segera diajak untuk sarapan pagi di Restaurant Halal dekat Bandara di kota Ordos. Selesai sarapan, rombongan diajak untuk mengunjungi Genghis Khan Mousoleum. Genghis Khan Mousoleum adalah Komplek yang diyakini (diklaim) oleh orang-orang china sebagai salah satu Tempat Tinggal dan Makam dari Genghis Khan, Pemimpin Bangsa Mongol di abad ke-12an yang sangat legendaris. Disini rombongan akan menikmati indahnya komplek Genghis Khan tersebut.

Disambut oleh pintu gerbang yang indah, selanjutnya rombongan bisa berfoto di Patung Replika Genghis Khan yg sedang menunggang kuda. Dibagian dalam bangunan utama Mousoleum, rombongan bisa melihat peninggalan2 Genghis Khan dan tempat peribadatan. Sayang sekali, disini kita tidak diperkenankan untuk memfoto. Pada sisi bagian lain, kita juga bisa menyaksikan satu monumen kramat bagi bangsa Mongol. Pada monumen ini orang Mongol terbiasa untuk Make a Wish (memanjatkan doa) pada leluhur.

Jarak antara Bandara Ordos dan Komplek Genghis Khan Mousoleum hanya sekitar 35 km dan bisa ditempuh hanya dalam waktu maksimal 1 jam.

Setelah puas menikmati dan mengagumi peninggalan Genghis Khan, rombongan melanjutkan perjalanan kota Yanchi, Propinsi Ningxia dengan bus. Perjalanan dari Ordos (Propinsi Inner Mongolia) ke kota Yanchi (Propinsi Ningxia) berjarak sekitar 500 km dan akan ditempuh dalam waktu 5 jam perjalanan normal melalui Jalan Tol Nasional China. Rombongan akan disuguhi pemandangan indah khas Propinsi Inner Mongolia dan Ningxia.

Sampai di kota Yanchi, kita akan mengunjungi Dongweng Ancient City yang merupakan tempat yang luar biasa di sepanjang Sungai Kuning. Kota ini awalnya dibangun di Dinasti Ming pada tahun 1443 dan dibangun kembali pada Dinasti Qing tahun 1741. Ini berfungsi untuk bertahan dari serbuan pasukan Mongolia pada masa lalu. Benteng kota ini sangat indah khas dengan arsitektur china yang khas.

Kemudian kita akan menikmati makan malam spesial bersama Tan Sheep Mutton. Yanchi sangat terkenal dengan Tan Sheep. Pada saat menyambut makan malam KTT G20 Hangzhou pada tahun 2016, hidangan dingin yang terbuat dari domba dihargai oleh para pemimpin dunia karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut.

Setelah makan malam, kagumi pemandangan malam megah Benteng Yanchi Great Wall di depan danau dan bermalam semalam di hotel Kota Yanchi Ningxia.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Day 03 || YINCHUAN – ZHONGWEI – WUWEI (B/L/D)

Hari ini anda check out dari hotel. Setelah sarapan pagi di hotel, rombongan segera naik bus untuk melanjutkan perjalanan ke kota Wuwei Propinsi Gansu. Jarak antara kota Yanchi dengan Kota Wuwei adalah 430 km dan akan ditempuh dengan bis selama 4,5 jam melalui Jalan Tol Nasional China.

Dalam perjalanan, rombongan berkunjung ke Baoshutang untuk membakar lemak di pagi hari. Kemudian kita akan membawa rombongan ke Zhongwei (sekitar 3 jam) dan kemudian kita akan mengunjungi Pulau Jinsha, yang merupakan vila hiburan high-end pertama di barat laut yang menggabungkan makan, penginapan, dan rekreasi. The Jinsha Island Vanilla Garden dijuluki sebagai “Taman Gurun Paling Indah di China”. Dan Kawasan Wisata Pulau Jinsha di Padang Gurun Tengger terdaftar sebagai Tempat Wisata Tingkat Negara 4A. Diberitakan bahwa situs tersebut menerima 465.000 wisatawan tahun lalu. 

Makan siang dan sholat di kota Zhongwei, Moyuqishiguan. Setelah makan siang, rombongan melanjutkan perjalanan dan berhenti sejenak di Taman Lavender Jin Sha Dao di Shapotou , Ningxia. Rombongan akan dimanjakan dengan panorama bunga lavender yang sangat indah. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke kota Wuwei untuk Istirahan dan bermalam di Wuwei.  Perjalanan dari Zhongwe menuju Wuwei melalui perjalanan panjang jalan tol nasional China yg dipenuhi hamparan tanah tandus dan kering dengan sedikit sekali tanaman. Mirip suasana di Timur Tengah. Check In dan bermalam di hotel kota Wuwei Propinsi Gansu.

Day 04 || WUWEI – ZHANGYE – WUWEI (B/L/D)

Hari ini rombongan tidak check out dari hotel di Wuwei, sehingga tas koper besar tidak perlu diturunkan dr kamar. Cukup disiapkan keperluan untuk Tour Seharian ke Rainbow Mountain di Zhangye Danxia National Geological Park.

Setelah sarapan pagi di hotel, rombongan segera naik bus untuk melanjutkan perjalanan ke Rainbow Mountain di Zhangye National Geological Park di kota Zhangye. Jarak antara hotel di Wuwei dengan Rainbow Mountain di Zhangye adalah 274 km dan akan ditempuh dengan bis selama 3,5 jam melalui Jalan Tol Nasional China.

Setelah puas bertadabbur alam di Rainbow ountain Zhangye, rombongan kembali lagi ke kota Wuwei di sore hari dan menginap serta makan malam di kota Wuwei.

Day 05 || WUWEI – ZHONGWEI – YINCHUAN  (B/L/D)

Hari ini rombongan check out dari hotel di Wuwei, sehingga tas koper besar harus dikemas dan  diturunkan dr kamar. Perjalanan selanjutnya, rombongan akan kembali ke kota Yinchuan, Ibukota Propinsi Ningxia .

Setelah sarapan pagi di hotel, rombongan segera naik bus untuk melanjutkan perjalanan ke Kota Yinchuan. Dalam perjalanan, rombongan akan singgah untuk makan siang di kota Zhongwei (dibaca : Congwei). Selain itu, kita akan menginjak Glass Skywalk yang merupakan jembatan setinggi 328 meter melintasi sungai kuning. Anda bisa melihat Sungai Kuning tercurah tepat di bawah kaki Anda sambil berjalan di jembatan. Setelah itu menikmati keindahan panorama Taman Air Sungai Huang dan singgah sebentar untuk Photo Stop di Pagoda Sungai Huang (Sungai Kuning). dipinggiran kota Zhongwei  Ningxia.

Kemudian rombongan melanjutkan ke Kampung Muslim Suku Hui di Wuzhong (dibaca : WuCong) pinggiran Kota Yinchuan. Rombongan akan menyelami kehidupan Masyarakat Muslim asli China Suku Hui, bercengkerama dg mereka,  serta menikmati makan malam di rumah  penduduk Kampung Muslim bersama mereka dari hasil masakan rumahan Suku Hui. Sungguh menyenangkan sekali. Setelah itu rombongan bermalam dan beristirahat selama 2 malam di hotel kota Yinchuan.

Day 06 || YINCHUAN (B/L/D)

Hari ini rombongan tidak check out dari hotel di Yinchuan. Perjalanan selanjutnya, rombongan akan melakukan One Day Tour di kota Yinchuan, Ibukota Propinsi Ningxia. Menikmati sudut-sudut kota Yinchuan yang indah. Setelah sarapan pagi di hotel, rombongan segera naik bus untuk melanjutkan perjalanan ke sebuah Masjid yg bersejarah di Yinchuan. Dipandu Guide dr Masjid tersebut, kita akan belajar banyak tentang sejarah masjid dan muslim di Yinchuan.

Setelah itu mengunjungi Axis China Arab (Yinchuan City Fountain), yaitu pemandangan gaya arsitektur modern di tengah kota Yinchuan yang menggambarkan perpaduan antara arsitektur landscape China dan Arab klasik dan modern.  Setelah itu mampir sebentar ke perkebunan buah Gouji Berry yang terkenal sangat bagus untuk menjaga kesehatan apabila dikonsumsi.

Setelah itu melanjutkan kunjungan ke Western China Movie Studio Zhenbeibu , menyaksikan bagaimana film-film kolosal China diproduksi di studio yang bagus dan luas ini. Dan selanjutnya menuju pusat kebudayaan Suku Hui di China Hui Cultural Park . Rombongan akan menayksikan keindahan suasana seperti di Taj Mahal India pada gerbang masuknya. Dan juga menikmati keindahan Masjid Besar yang ada di area ini yang sangat mirip dengan Masjid Agung di Abu Dhabi, disamping memahami perjalanan sejarah dan budaya Suku Hui Muslim, yg merupakan asimilasi dari penduduk asli China yaitu suku Han dengan pendatang Arab pada abad 7 Masehi. Menjelang sore, kembali ke hotel dan malamnya mengunjungi Ningxia Night Food Mall untuk menikmati makan malam ala masyarakat Yinchuan dan menikmati suasana malam di kota Yinchuan. Setelah itu rombongan bermalam dan beristirahat di hotel kota Yinchuan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Day 07 || YINCHUAN – GRASSLAND ORDOS (B/L/D)

Hari ini rombongan check out dari hotel di Yinchuan, sehingga tas koper besar harus diturunkan dr kamar. Perjalanan selanjutnya, rombongan akan menuju ke Grassland di Ordos Propinsi Inner Mongolia, untuk melihat lebih dekat bagaimana Bangsa (suku) Mongolia hidup dan mengenal sejarah serta budaya mereka.

Setelah sarapan pagi di hotel, rombongan segera naik bus untuk melanjutkan perjalanan ke Kota Ordos. Jarak antara kota Yincuan (Ningxia) denagn kota Ordos sekitar 450 km dan akan ditempuh dengan perjalanan bis selama 5,5 jam. Dalam perjalanan, rombongan akan makan siang di restoran halal Bulong Lake Restaurant, Grass Grass Ordos secara buffet, all you can eat. Setelah makan siang dan sholat jamak Zuhur dan Ashar, rombongan melanjutkan perjalanan menuju penginapan di Yurt Mongolia, Grassland Ordos. Sebuah Hotel dengan format bangunan mirip persis dengan Yurt (rumah tradisional Mongolia) yang berada di tengah Padang Savana (rumput) Ordos.

Disini rombongan akan disambut dengan upacara penyambutan khas bangsa Mongolia. Rombongan akan menikmati makan malam dalam jamuan khas kerajaan Bangsa Mongolia (Imperial Palace Banquet), dengan kostum pakaian khas Mongolia. Dan malam harinya rombongan akan menikmati pertunjukan unik dan keren Khas Mongolia yaitu Bonfire Party. Rombongan menginap semalam di Yurt Mongolia Hotel.

Day 08 || GRASSLAND – ORDOS (B/L/D)

Hari ini rombongan check out dari hotel di Grassland Ordos, sehingga tas koper besar harus diturunkan dr kamar. Perjalanan selanjutnya, rombongan akan menuju ke Whistling Dune Bay, wisata di gurun pasir di Kubuqi Tourism Park China. Jarak antara Grassland Ordos dan Gurun Kubuqi sekitar 160 km dan akan ditempuh dalam waktu 4 jam. Tapi sebelumnya rombongan akan mampir sejenak di Pabrik Cashmere, tempat produksi segala jenis pakaian dan asesoris yang terbuat dari wol bulu domba khas Mongolia. Pengunjung boleh hanya lihat-lihat saja ataupun memborong dari konter penjualan yang tersedia. Setelah makan siang dan sholat jamak, rombongan melanjutkan ke Whistling Dune Bay untuk menikmati wisata gurun pasir.

Sesampai di lokasi, rombongan harus naik Kereta gantung (Cable Car) untuk mencapai pemberhentian awal (titik awal) menuju lokasi wisata gurun. Dari pemberhentian awal setelah naik Cable car ini, rombongan akan diantarkan ke lokasi dengan angkutan khusus (bus yg dimodifikasi spt truk di film Mad Max tanpa atap dengan ornamen spt kapal) dan akan menembus hamparan gurun pasir.

Sampai di lokasi di tengah gurun, rombongan bisa memilih berbagai pilihan : Naik onta mrnyusuri gurun, menaiki ATV menyusuri gurun pasir yg luas, atau menaiki mobil offroad membelah gurun pasir. Bagi yang berani, silakan mencoba Flying Fox dan terbang diantara dua bukit gundukan pasir yang memanjang. Atau sekedar mencoba main Golf di gundukan pasir. Juga mengayuh kereta sepeda di atas rel gurun pasir, dan lain-lain. Sungguh wisata yang sangat mengesankan.

Sore hari rombongan bergegas menuju Pusat Kota Ordos untuk menikmati makan malam terakhir di Hotel. Rombongan bermalam di Hotel Kota Ordos.

Malam ini rombongan harus mengemas semua barang-barang bawaan dan belanjaannya dengan rapi dan bagus sesuai ketentuan dari maskapai penerbangan. Karena besok paginya pagi-pagi sekali sudah harus ke bandara Ordos utk check in kepulangan.

 Day 09 || ORDOS – BATAM – JAKARTA (B)

Hari ini rombongan check out dari hotel di Ordos pagi-pagi. Rombongan sudah harus naik di bus menuju Bandara jam 05.00. Pesawat dijadualkan akan take off dari Bandara International Ordos pada pukul 09.00 waktu Ordos, dan diperkirakan akan sampai di Jakarta pada pukul 15.30 WIB.

Sampai disini tour berakhir, semoga membawa kenangan manis selama perjalanan tour. Dan sampai jumpa pada halal Tour selanjutnya dari Elhasana Wisata.

Note: Itinerary (jadwal kegiatan) mungkin akan disesuaikan oleh pemandu wisata tergantung situasi dan kondisi setempat tetapi tetap akan mengunjungi tempat-tempat yang sama

FLIGHT & HOTELS

Flight Detail by CITYLINK :

  • JAKARTA – BATAM   QG9946  ETA 21:45  ETD 00:30
  • ​BATAM    – ORDOS   QG5900  ETA 01:30  ETD 09:00
  • ORDOS    – BATAM   QG5901  ETA 08:00  ETD 13:00
  • BATAM – JAKARTA   QG9947  ETA 17:30  ETD 19:15

Hotel :

  • Ordos Grassland : Yurt Asia bintang 4 Lokal
  • Zhongwei : Hotel bintang 4 Hong Wei Bai Qian atau kelas yang serupa
  • Zhangye : Hotel bintang 4 Xiao La Jiao atau kelas serupa 
  • Yinchuan : Lokal 4 bintang Yinchuan Macrolink Regent Hotel atau kelas serupa
  • Ordos : 4 bintang Jinsha International Hotel atau kelas serupa

TOUR PRICE

PESERTA & ROOM

HARGA

SINGLE SUPPLEMENT

Dewasa Double,  LOW SEASON

Rp.   13.500.000,-

Rp.   2.500.000,-

Dewasa Double, HIGH SEASON

Rp.   15.500.000,-

Rp.   2.500.000,-

 

PESERTA ANAK2

DENGAN KASUR

TANPA KASUR

Anak2 Usia 2-12 THN

Rp.   13.500.000,- (LOW)

Rp.   15.500.000,- (HIGH)

Rp.   11.750.000,- (LOW)

Rp.   13.250.000,- (HIGH)

Anak2 Usia 0 – 2 THN  

Rp.   6.000.000,- (LOW)

Rp.   7.000.000,- (HIGH)

 

Harga base on bus utk 44 kursi dgn kapasitas bus 55 kursi dan berbasis harga dewasa

JUMLAH PESERTA PRIVATE/INSENTIF *

TAMBAHAN HARGA / PAX

Jumlah Peserta 20 – 29 dgn kapasitas bus 55 kursi

Rp. 2.500.000,-
Jumlah Peserta 30 – 39 dgn kapasitas bus 55 kursi

Rp. 2.000.000,-

KETERANGAN

  • Harga dan itinerary dapat berubah sewaktu-waktu, baik dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya
  • Jadwal perjalanan dapat berubah sewaktu – waktu disesuaikan dengan konfirmasi hotel dan penerbangan jika ada
  • Program ini adalah kerjasama dengan Islami China Travel Beijing.
  • Semua tarif di atas didasarkan pada jumlah orang dewasa dan tidak berlaku untuk kelompok siswa.
  • * = Harga untuk keberangkatan group sendiri dan tidak bercampur dengan peserta dari group travel lain.
  • Pendafataran dengan bayar DP sebesar minimal Rp. 5juta paling lambat 45 hari sebelum keberangkatan. 
  • Pelunasan dan penyerahan terakhir berkas2 syarat administrasi paling lambat 30 hari sebelum keberangkatan.
  • Gratis bagasi : 1PC (18KG / PC); Gratis bagasi Jinjing : 1PC (5KG / PC);

PRICE INCLUDED

Harga Sudah Termasuk :

  • Penerbangan: Jakarta – Batam – Ordos- Batam – Jakarta (kelas ekonomi dengan pajak).
  • Akomodasi dengan sarapan pagi.
  • Makanan halal di restoran lokal seperti yang disebutkan. 
  • Satu botol air mineral per orang per hari. 
  • Antar jemput peserta dengan Bus Pariwisata ber-AC. 
  • Semua biaya masuk tempat wisata seperti yang disebutkan dalam rencana perjalanan. 
  • Tur pendamping pribadi dengan layanan pemandu berbahasa Inggris / Cina

PRICE EXCLUDED

Harga Belum Termasuk :

  • Tur pilihan lainnya yang tidak disebutkan dalam Itinerary.
  • Pengeluaran barang pribadi, seperti minuman, cinderamata, telepon, laundry, dll. 
  • Tipping $ 6 / pax / hari ($54). Keterangan : $3 perhari utk Guide Lokal, $2 perhari untuk Tour Leader, $1 perhari untuk Driver. Total 9 hari (kisaran Rp. 750.000)
  • Visa China 700.000 (bagi yg sudah ada Visa China ini tdk dibutuhkan).

SYARAT PENDAFTARAN

  • Pendaftaran dimulai sejak sekarang dan dan akan ditutup 30 hari sebelum keberangkatan atau apabila kuotanya sudah terpenuhi dalam satu tanggal keberangkatan.
  • Mengisi Formulir Pendaftaran Halal Tour.
  • Membayar DP (Booking Seat) minimal senilai Rp. 3 jt perorang pada saat mendaftar. Apabila mendaftar kurang dari 60 hari sebelum keberangkatan, maka DP (booking seat) minimal sebesar Rp. 5 jt .
  • Menyerahkan Paspor dengan masa berlaku minimal 7 bulan sampai masa berakhirnya (dihitung dari tanggal keberangkatan).
  • Menyerahkan Foto kopi KTP, KK. Atau kirim file format JPEG.
  • Menyerahkan Foto Kopi Buku Nikah untuk peserta suami istri untuk verifikasi status keluarga.
  • Menyerahkan pas foto berwarna sesuai ketentaun dari Kedutaan Besar China untuk persyaratan Visa (Ketentuan Administrasi pengurusan Visa China terlampir). Atau kirim file format JPEG.
  • Pelunasan biaya tour paling lambat 30 hari sebelum tanggal keberangkatan.
  • Pembayaran DP untuk Pendaftaran & Pelunasan Biaya Halal Tour Inner Mongolia  + Ningxia
  • Pembayaran Pendaftaran Halal Tour (DP) dan Pelunasan dialamatkan ke Rekening Bank a.n PT. ELHASANA WISATA UTAMA :

REKENING RUPIAH (IDR)

* BANK PERMATA SYARIAH KCP. TEBET
No. Rek : 097 11 94 200

* BANK MANDIRI KCP. JAKARTA DURENSAWIT
No. Rek : 166 00 1271271 7

  • Selanjutnya Tim Elhasana Tour akan memfollow up dan memproses persiapan Perjalanan Halal Tour Inner Mongolia + Ningxia 2018 peserta sekalian.

2 thoughts on “TOUR INNER MONGOLIA-NINGXIA 2018

  1. tentang inner Mongolia Halal Tour ini, sy lihat di itinerary gak ada kita cobain tinggal semalam di tenda orang Mongol?? biasanya ada … betulkah gak ada??trims infonya.. Wasslm – bu Julin –

    Suka

    • Kita di Inner Mongolia tdk ada sesi menginap semalam di Tenda Mongolia yg asli beneran.
      Tapi kita ada sesi menginap semalam di Hotel berbentuk mirip seperti tenda Mongolia (Yurt Mongolian) di Padang Rumput Ordos.
      Jadi kita tetap mendapatkan suasana Khas Mongolia di Ordos …

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s